Latest News

Spesifikasi Honda GL 100 - Si Kecil Nan Tangguh



Honda GL 100, GL 100, GL 100 Series
Honda GL 100
Honda GL 100, merupakan salah satu dari seri motor pabrikan asal jepang, Honda, yang pernah berjaya di masanya. Keluar pertama kali di tahun 1979 bersama dengan saudaranya, Honda GL 125, Honda GL 100 ini tampil berani ditengah kepulan asap motor 2 tak kala itu.

Speedometer Honda GL 100, GL 100, GL 100 Series
Speedometer dan Tachometer Honda GL 100

Di awal kemunculannya ini Honda GL 100 masih berpenampilan menyerupai sang kakak, Honda CB, yang sebelumnya sudah lebih dulu populer. Di tahun 1982 desain kuda besi ini mulai berubah, dari lampu, speedometer, spion, dan lampu belakang sudah tidak lagi berbentuk kebulat-bulatan yang menjadi ciri khas Honda CB. Desain Honda GL menjadi lebih kotak yang menjadi image tersendiri bagi generasi Honda GL yang sampai kini dikenal dengan desainnya yang identik dengan lurus dan kotak.


Blok kop Honda GL 100, GL 100 CDI, GL Series CDI
Engine Honda GL 100

Setelah mengalami perubahan desain Honda GL 100 yang awalnya memiliki sistem pengapian platina kini diubah menjadi CDI di tahun 1985. Dengan sistem pengapian yang baru ini, pengomptimalan setting Honda GL 100 menjadi lebih mudah dibandingkan dengan platina. Dengan engine yang berkapasitas 105cc ini Honda GL 100 bisa memuntahkan tenaga sebesar 12 HP di putaran mesin 10000 per menit.


Kapasitas dapur pacu Honda GL 100. cc honda GL Series, Blok GL 100
Kapasitas dapur pacu Honda GL 100

Meski Honda GL 100 yang berkapasitas dapur pacu mini, motor ini tetap menjadi primadona di masanya karena kenyamanannya dan ketangguhannya. Karena itulah kuda besi ini bisa tetap diproduksi sampai tahun 1996 dan akhirnya “dibunuh” oleh Honda.


Tampak belakang Honda GL 100, Knalpot Honda GL 100 Orisinil, Knalpot GL 100
Tampak belakang Honda GL 100


Spesifikasi GL 100 :

Panjang x lebar x tinggi                  : 1900 x 735 x 1017 mm
Jarak sumbu roda                            : 1200 mm
Berat kosong                                   : 98,5 kg
Ban depan                                       : IRC 2,50-18 (4 PR)
Ban belakang                                  : IRC 2,75 -18 (4PR)
Jenis/kapasitas tangki bbm             : bensin/11,5 liter
Pemakain bahan bakar                    : 50 km/l pada kecepatan 50 km/jam
Engine                                             : 1 silinder/OHC
Pendingin                                        : udara
Kapasitas silinder                            : 105 cc
Diameter x langkah                         : 52 mm x 49,5 mm
Perbandingan kompresi                   : 9,2 :1
Daya maksimum                              : 12 HP/10000 rpm
Torsi maksimum                              : 0,85kgm/8500 rpm
Jenis/Kapasitas oli engine               : SAE 30 Kelas SE 1 liter

25 Responses to "Spesifikasi Honda GL 100 - Si Kecil Nan Tangguh"

  1. Th 70 an aku pake honda 90 s....langsam mesinnya halus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mas ries. Udah nyicipin Honda S90 yang jadi pionir Honda di Indonesia. :D

      Delete
    2. Masih TK waktu GL kotak pertama keluar,paling suka sama klaksonnya yg dual tone.kalau gak dipake bokap,suka duduk ngayal jadi pembalap

      Delete
    3. Iya mas deddy, klaksonnya emang unik. Seakan motor lawas ini jadi pengingat masa lalu.

      Delete
  2. ingat almarhum bapak klo liat motor ini

    ReplyDelete
  3. aku punya tapi klakson dualnya ga bunyiii

    ReplyDelete
  4. klo ada yg jual GL 100 thn 95 monggo ditawarkan ke saya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya gl 100 cdi original thn 1995 motor harian sangaaat trwt...stnk/bpkb pribadi samsat taat sampai skrng dipelihara sudah sering touring jawa bali, motor ini sangat kuat disegala medan disamping iriiit BBM juga sparepartnya yg ori msh ada yg jual

      Delete
  5. sy jg punya gl100 th. 1995, surat lngkp n taat pajak.....ya meski sudah tdk full ori ....

    ReplyDelete
  6. salam kenal untuk masbro semua, kemarin baru dapat lelangan semua ori tapi banyak muncul karat, semedi di gudang perkantoran. cukup ganti kaki kaki dan jok + shock depan jadi kece lagi. setelah keluar dari kamar operasi malah banyak yang minat. ( maaf impian sejak lama )

    ReplyDelete
  7. Saya punya gl 100 merah platina masih 90%orisinilan .motor jadul waktu bapak masih bujangan dan sekarang saya yang merawatnya...banyak kenangan bareng gl 100.....ditawar mahalpun gak akan dijual hehehe.....selain itu iritnya luar biasa saya bawa ke jogja dari pekalongan cuma habis 3,5liter pertamak hehehehe......

    ReplyDelete
  8. Aku punya GL 100-K Platina Semuanya masih ory kecuali Ban hehehe
    Keluaran Tahun 1986 masih tangguh...
    BPKB ada, STNK baru diurus Bulan oktober 2017, Pajak aktif...
    Yang berminat monggo..

    ReplyDelete
  9. Saya punya gl125 modif setengah jadul setengah modren . Pajak mati dari 95

    ReplyDelete
  10. Sy punya gl100 thn 95, stnk bpkb aman sampai thn 2023, pajak aman, motor terawat, blm pernah bongkar os msh 0,0, body terawat betul, full croom, sayang banget sama motor saya, pemberian dari paman

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah.., beruntung saya bisa mengendarai si Kecil Nan Tangguh.. Mantabb !!!

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah.., beruntung saya bisa mengendarai si Kecil Nan Tangguh.. Mantabb !!!

    ReplyDelete
  13. Ada jual Mesin GL-100 plus craburator asli
    hub saya wa 0811969116 Balikpapan

    ReplyDelete
  14. Punyaku cuman gl tahun pertama yaitu th 79..slam gl..heheh

    ReplyDelete
  15. Saya punya GL 100 ada 4 biji motor sangat terawat tahun 80 an ke atas semua dari mesin sampe cat orisinil listrik hidup semua barang semarang jawa tengah 087831061707 wa saya

    ReplyDelete
  16. saya punya gl 100 pertama 79. pahit manis bersamanya namun karna kebutuhan ekonomi akhirnya saya jual 😥

    ReplyDelete
  17. Saya punya gl 100 th 1990.bila minat busa chat wa di 085799858570....

    ReplyDelete
  18. Adakah yg jual manipol sama paking GL 100 CDI,SAYA Punya sdh pecah...berapa harganya.

    ReplyDelete
  19. Dulu th'82 sy masih sklah sd kk sy yg jdi police kredit nih motor gl100....,eh sekarang aku pnya biar bukan tangan pertama heee...heee,Si jadul yg punya kenangan tempo doeloe !

    ReplyDelete
  20. Motor pertama sy,ya pas waktu masih muda.Pokoknya bintang 5 pada jamannya

    ReplyDelete