Honda GL Pro Series |
Honda
GL Pro Series, merupakan generasi selanjutnya dari
keluarga Honda GL yang pertama kali
muncul di tahun 1979 sebagai pengganti Honda CB Series. Honda menelurkan kuda
besi ini ditengah banjirnya motor 2 tak yang pabrik lain giat produksi, GL Pro
Series ini pertama kali muncul pada tahun 1985 dan akhirnya dihentikan
produksinya pada tahun 1991.
Penampilan yang serupa
dengan saudaranya, GL Max, menjadi ciri khas yang melekat bagi motor 4 tak ini,
desain yang serba kotak dan lurus.
Honda GL Pro Series ini
terkadang juga disebut dengan GL Pro
White Engine karena Honda GL Pro sendiri memiliki varian GL Pro Black Engine yang memiliki
kubikasi sama tetapi ‘konon’ katanya lebih bandel di power dan akselerasi. Jadi
untuk membedakannya penggemar otomotif menyebutnya dengan julukan White Engine.
Kuda besi putih ini didesain memang bukan untuk
bersaing di kecepatan seperti yang diusung oleh pabrikan lain dengan motor 2
tak-nya. Motor ini lebih didesain untuk cenderung menonjolkan ketangguhan dan
keiritannya. Tak lupa, motor ini juga mumpuni untuk urusan perjalanan jarak
jauh karena motor ini jarang rewel meskipun minim perawatan.
Kubikasi yang lumayan
besar ini, 145 cc, motor ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 15 HP di putaran
mesin 8500 per menit dengan teknologi Overhead Camshaft (OHC) 4 tak-nya. Sistem
pengapian GL Pro Series ini sudah
memakai sistem pengapian CDI – AC walaupun untuk urusan starter masih
menggunakan olahraga alias kick starter sama dengan saudaranya, GL Max. Kompresi
bahan bakar masih tergolong kecil, yakni 9,2 : 1 masih dapat diimbangi dengan
sistem pendinginan udara.
Engine yang tangguh dan
awet ini menjadi pilihan bagi beberapa rider tanah air untuk menjadikkannya
sebagai motor harian meski sudah ada motor dengan teknologi terbaru.
Ketangguhan Honda GL Pro Series ini
ini terbukti jalanan yang menanjak.
Spesifikasi
Honda GL Pro Series (White Engine)
Tipe
|
Sport Touring
|
|
Tahun Produksi
|
1985-1991
|
|
Engine
|
OHC, 4 Tak
|
|
Kapasitas Engine
|
144,7 cc
|
|
Bore x Stroke
|
61 x 49,5 mm
|
|
Rasio Kompresi
|
9,2 : 1
|
|
Maximum Power
|
15 HP @ 8500 RPM
|
|
Fuel System
|
Cylinder Ventury Carburator 26’’
|
|
Sistem Pendingin
|
Udara
|
|
Sistem Pengapian
|
CDI-AC, Battery
|
|
Battery
|
12 V – 4 Ah
|
|
Busi
|
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
|
|
Transmisi
|
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
|
|
Kopling
|
Manual, Wet & double clutch
|
|
Starter
|
Kick
|
|
Drive
|
Chain (Rantai)
|
|
Dimensi
|
||
Panjang
|
2034 mm
|
|
Lebar
|
754 mm
|
|
Tinggi
|
1062 mm
|
|
Jarak Sumbu Roda
|
1281 mm
|
|
Tinggi Jok
|
772 mm
|
|
Jarak ke Tanah
|
149 mm
|
|
Kapasitas Oli Engine
|
0,9 liter
|
|
Kapasitas Tangki BBM
|
8 liter
|
|
Berat kosong
|
103 kg
|
|
Rangka
|
Diamond Steel
|
|
Suspensi
|
||
Depan
|
Telescopic
|
|
Belakang
|
Swing arm, Double Shockbreaker
|
|
Ban
|
||
Depan
|
2,75 - 18 - 42P
|
|
Belakang
|
3,00 - 18 - 47P
|
|
Rem
|
||
Depan
|
Cakram, Single Piston
|
|
Belakang
|
Tromol (Drum)
|
|
Rantai Kamprat
|
Roller Chain
|
|
Gear Belakang
|
45
|
|
Noken As
|
1 Bearing, 1 Busing
|
0 Response to "Spesifikasi Honda GL Pro Series (White Engine) – Penjelajah yang Tangguh"