Latest News

Sejarah Honda Mega Pro di Indonesia

Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI
Honda Mega Pro, merupakan salah satu produk Honda di Indonesia yang menuai kesuksesannya dan Hingga saat ini masih keluar versi terbarunya.

Honda Mega Pro Generasi Pertama
Honda Mega Pro keluar pertama kali di tahun 1999. Mega Pro 160, generasi pertama ini dikenal dengan sebutan Mega Pro Neotech yang sebenarnya merupakan peralihan dari motor generasi legendaris sebelumnya, Honda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 (Neotech)
Honda Mega Pro 160 (Neotech)
Engine Mega Pro 160 ini masih menggunakan engine GL Pro Neotech dengan kubikasi 160 cc tanpa dilengkapi electric starter. Tetapi desain motor ini sudah mengalami perubahan yang signifikan bila dibandingkan dengan GL Pro Neotech yang serba lurus dan kotak.

Desain Mega Pro 160 ini identik dengan desain yang membulat. Lampu depan, speedometer, tachometer, serta tangki dan body sudah membulat semua.


Honda Mega Pro Generasi Kedua
Generasi Mega Pro 160 selanjutnya muncul di tahun 2002. Dari sisi desain, Mega Pro generasi kedua ini tidak mengalami perubahan kecuali striping yang lebih manis dan eye catching. Sedangkan engine sendiri, Mega Pro 160 ini mengalami penambahan electric starter yang sebelumnya belum dimiliki Mega Pro generasi pertama. Kemudian di tahun 2004 Honda mengeluarkan Mega Pro 160 CW.

Honda Mega Pro 160 Generasi kedua
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua CW
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua CW

Honda Mega Pro Generasi Ketiga
Generasi ketiga adalah Mega Pro 160 Advance atau lebih ramah didengar Mega Pro “Primus”. Sebutan ini muncul karena bintang iklan generasi ketiga Mega Pro adalah Primus Yustisio. Mega Pro Primus ini muncul di pasaran tahun 2006.

Honda Mega Pro 160 Advance "Primus"
Honda Mega Pro 160 Advance "Primus"
Mega Pro Primus ini mengalami perubahan dari versi Mega Pro sebelumnya. Desain body tengah terlihat menyambung dengan body belakang. Desain tangki juga berubah menjadi lebih tinggi serta mengalami penurunan volume dari versi sebelumnya. Selain itu desain lampu belakang juga berubah mengikuti desain body. Namun untuk engine sendiri, Mega Pro Primus ini masih mengusung engine yang sama seperti sebelumnya.


Honda Mega Pro Generasi Keempat
Generasi Mega Pro keempat muncul dengan nama New Mega Pro 150. New Mega Pro 150 ini dilepas ke pasaran di tahun 2010. Generasi keempat Mega Pro ini mengalami penurunan kapasitas silinder, dari 160 cc menjadi 150 cc. Dengan karburator vakum, New Mega Pro 150 ini lebih lebih irit dalam konsumsi BBM. Namun disisi lain, terjadi penurunan peforma karena turunnya kapasitas engine tersebut.

Honda New Mega Pro 150
Honda New Mega Pro 150
Tetapi dengan engine yang benar-benar baru ini New Mega Pro 150 ini mampu lebih banyak meminimalisir getaran dari engine versi lawas. Meski mengalami penurunan kapasitas engine, New Mega Pro 150 ini memiliki power maksimum lebih tinggi dibandingkan dengan Mega Pro Primus. New Mega Pro 150 memiliki power maksimum sebesar 13,7 ps sedangkan Mega Pro Primus hanya sebesar 13,3 ps.

Selain engine yang baru, New Mega Pro 150 ini juga mengalami perubahan desain yang cukup banyak. Mulai dari Headlamp, Rearlamp, tangki, shroud, knalpot, serta penggunaan monoshock untuk shockbreaker belakang.

Honda Mega Pro Generasi Kelima
Generasi kelima, New Mega Pro FI. Rilis di tanah air pada tahun 2014 dengan sistem pengabut bahan bakar yang baru, yakni injeksi. Dengan sistem injeksi ini konsumsi bahan bakar lebih sedikit dari versi sebelumnya yang masih menggunakan karburator.
Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI
Selain penggunaan sistem injeksi, shroud (tameng angin) juga berubah, footstep belakang kini juga berubah menjadi “gantung” dan knalpot menjadi lebih panjang dari sebelumnya.
Dari sisi peforma sendiri, New Mega Pro FI ini mengalami penurunan power dari versi sebelumnya, New Mega Pro 150. Dari yang sebelumnya 13,7 ps menjadi 13,3 ps. Power maksimum New Mega Pro FI ini sama seperti Mega Pro Primus.

Dan sampai saat ini, Honda New Mega Pro FI ini masih dijual dipasaran. Cukup langgeng umur produksi motor ini.

0 Response to "Sejarah Honda Mega Pro di Indonesia"