Latest News

Spesifikasi Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus

Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus
Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus
Honda Mega Pro Advance merupakan Seri dari Honda Mega Pro generasi ketiga setelah generasi kedua Mega Pro dihentikan produksinya. Kuda besi ini diluncurkan ke pasaran pada tahun 2006 sebelum dihentikan produksinya di tahun 2009 untuk digantikan oleh New Mega Pro.

Mega Pro Advance Alias Mega Pro "Primus"

Meski diluncurkan dengan nama Mega Pro Advance, motor ini lebih akrab dengan sebutan Mega Pro "Primus". Nama Primus sendiri muncul karena bintang iklan generasi ketiga Mega Pro ini adalah Primus Yustisio yang memang karirnya sedang memuncak kala itu. Maka tak heran jika Mega Pro generasi ketiga ini disebut Mega Pro "Primus".

Desain Mega Pro Primus

Mega Pro Advance a.k.a Mega Pro Primus memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan Mega Pro generasi pertama dan kedua. Jika generasi kedua Mega Pro hanya mengalami perubahan stripping dari generasi pertama Mega Pro, desain Mega Pro Primus ini mengalami perubahan desain "lengkungan" yang lebih halus dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain perubahan tersebut, desain body tengah Mega Pro Primus berubah menjadi lebih menyatu dengan body belakang. Tangki bahan bakar generasi ketiga Mega Pro ini menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu kapasitas tangki bahan bakar Mega Pro Primus yang memiliki volume 13,2 liter ini lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas tangki bahan bakar Mega Pro generasi pertama dan kedua yang mampu menampung 14,7 liter bahan bakar.

Desain lampu depan atau headlamp masih seperti generasi kedua. Sedangkan desain lampu belakang mengalami perubahan dari generasi sebelumnya. Lampu belakang Mega Pro Primus memiliki desain yang lebih "tajam" dan meruncing dibandingkan dengan desain lampu belakang Mega Pro generasi kedua. Desain lampu belakang Mega Pro Primus ini mengikuti desain body agar lebih terlihat serasi dan elegan.

Engine Mega Pro Primus

Engine yang diusung Mega Pro Primus masih sama seperti engine yang dibenamkan pada Mega Pro generasi kedua. Memiliki kapasitas dapur pacu 156,7 cc (160 cc), mampu menghasilkan power maksimum 13,3 PS @ 8500 rpm dan torsi 1,3 kfm.m @ 6000 rpm.

Teknologi OHC 4 Tak 5-Speed yang memiliki kompresi 9 : 1 mampu didinginkan tanpa sistem pendingin tambahan alias didinginkan dengan sistem pendinginan udara.

Kaki - Kaki Mega Pro Primus

Mega Pro Primus yang masih memiliki silsilah keturunan Honda GL memiliki diameter roda yang sama dengan generasi Honda GL lainnya, yakni 18 inch.
Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus
Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus
Spesifikasi Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus

Tahun Produksi : 2006 - 2009
Mesin : 4-stroke, OHC, 1 silinder
Diameter x langkah : 63.5 x 49.5 mm
Kapasitas mesin (volume langkah) : 156.7 cc (160)
Perbandingan kompresi : 9.0 : 1
Pendingin : udara
Max. power : 13.3 ps @ 8500 rpm
Max. torsi : 1.3 kgf.m @ 6000 rpm

Transmisi : 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kopling : manual, tipe basah dan plat majemuk
Battery/ accu : 12V - 5 Ah
Pengapian : DC - CDI, Battery
Starter : electric dan kick
Busi : ND X 24 EP - U9/MGK DP8 EA-9
Tangki bbm : 13,2 liter
Berat :
- 126 kg, tipe SW
- 127 kg, tipe CW

Dimensi :
Panjang x lebar x tinggi : 2034 x 754 x 1065 mm
Jarak sumbu roda : 1281 mm
Jarak ke tanah : 149 mm
Tinggi jok : 774 mm

Rangka : pola berlian (diamod style)
Suspensi :
- depan : teleskopik
- belakang : swing arm, double shockbreaker
Ban :
- depan : 2.75 - 18 42P
- belakang : 3.00 - 18 47P
Rem :
- depan : cakram hidrolik dengan piston ganda
- belakang : tromol

0 Response to "Spesifikasi Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus"