Latest News

Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama – Penerus GL Pro Neotech



Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Honda Mega Pro adalah salah satu motor dari Honda yang bisa dikatakan cukup menuai untuk memenangkan hati penggemar roda 2 di tanah air untuk meminang motor yang digadang-gadang sebagai penerus Honda GL Pro Neotech.

Honda Mega Pro 160 meluncur ke pasaran pertama kali di tahun 1999 setelah dihentikannya produksi Honda GL Pro Neotech. Kuda besi ini memakai engine yang sama dengan Honda GL Pro Neotech. Maka tak heran bila banyak yang menyebut Honda Mega Pro generasi pertama ini Honda Mega Pro Neotech. Bahkan motor ini juga belum dilengkapi electric starter, sama persis seperti engine Honda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Meskipun memakai engine yang sama, Honda Mega Pro 160 ini memiliki desain yang sudah jauh berbeda dengan Honda GL Pro Neotech. Desain Honda GL Pro Neotech yang khas dengan “lurus dan kotak” digantikan dengan desain Honda Mega Pro 160 yang fresh dengan desainnya yang lebih membulat. Seperti headlamp, speedometer, tangki, serta desain body.

Honda Mega Pro 160, generasi Mega Pro pertama, dengan teknologi OHC berkapasitas 160 cc ( lebih tepatnya 156,7 cc ) mampu memiliki power maksimum sebesar 13,3 PS di putaran engine 8500 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya sebesar 1,3 kgf.m diputaran engine 6500 rpm. Rasio kompresi yang “hanya” 9 : 1 ini juga masih mampu diatasi panas engine-nya dengan sistem pendingin udara.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, Honda Mega Pro 160 ini termasuk irit. Dengan 1 liter, motor ini mampu menempuh jarak 51,4 km pada kecepatan rata-rata 50 km/jam.

Namun motor yang memiliki berat kosong 114 kg ini masih memiliki kekurangan seperti Honda GL Pro Neotech. Yakni tidak adanya electric starter yang membuat pengguna Honda Mega Pro 160 ini harus “berolahraga” untuk menyalakan motor ini dengan kick starter.
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama

Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Tipe
Sport Touring
Tahun Produksi
1999-2001
Engine
4 Tak, OHC
Kapasitas Engine
156,7 cc (160 cc)
Bore x Stroke
63,5 x 49,5 mm
Rasio Kompresi
9,0 : 1
Maximum Power
13,3 Ps @ 8500 rpm
Maximum Torque
1,3 kgf.m @ 6500 rpm
Fuel System
Cylinder Ventury Carburator 24’’
Sistem Pendingin
Udara
Sistem Pengapian
CDI-DC, Battery
Battery
12 V – 4 Ah
Busi
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Transmisi
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
Kopling
Manual, Wet & double clutch
Starter
Kick
Drive
Chain (Rantai)


Dimensi

Panjang
2033 mm
Lebar
754 mm
Tinggi
1062 mm
Jarak Sumbu Roda
1281 mm
Jarak ke Tanah
149 mm
Kapasitas Oli Engine
0,9 liter
Kapasitas Tangki BBM
12,4 liter (rest : 2,3 liter)
Berat kosong
114 kg
Konsumsi BBM
51,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam


Rangka
Diamond Steel
Suspensi

Depan
Telescopic
Belakang
Swing arm with adjustable shock
Ban

Depan
2,75 - 18 - 42P
Belakang
3,00 - 18 - 47P
Rem

Depan
Cakram, Double Piston
Belakang
Tromol (Drum)

1 Response to "Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama – Penerus GL Pro Neotech"

  1. Mohon dong, jangan pake ban dengan satuan 3,00-18 nda umum di masyarakat satuan itu. Kenapa nda pake yg umum aja misalx 100/80

    ReplyDelete