Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama |
Honda Mega Pro adalah salah satu motor dari Honda yang bisa
dikatakan cukup menuai untuk memenangkan hati penggemar roda 2 di tanah air
untuk meminang motor yang digadang-gadang sebagai penerus Honda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 meluncur ke pasaran pertama kali di tahun
1999 setelah dihentikannya produksi Honda GL Pro Neotech. Kuda besi ini memakai
engine yang sama dengan Honda GL Pro Neotech. Maka tak heran bila banyak yang
menyebut Honda Mega Pro generasi pertama ini Honda Mega Pro Neotech. Bahkan
motor ini juga belum dilengkapi electric starter, sama persis seperti engine
Honda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama |
Meskipun memakai engine yang sama, Honda Mega Pro 160 ini
memiliki desain yang sudah jauh berbeda dengan Honda GL Pro Neotech. Desain
Honda GL Pro Neotech yang khas dengan “lurus dan kotak” digantikan dengan
desain Honda Mega Pro 160 yang fresh dengan desainnya yang lebih membulat. Seperti
headlamp, speedometer, tangki, serta desain body.
Honda Mega Pro 160, generasi Mega Pro pertama, dengan
teknologi OHC berkapasitas 160 cc ( lebih tepatnya 156,7 cc ) mampu memiliki
power maksimum sebesar 13,3 PS di putaran engine 8500 rpm. Sedangkan torsi
maksimumnya sebesar 1,3 kgf.m diputaran engine 6500 rpm. Rasio kompresi yang
“hanya” 9 : 1 ini juga masih mampu diatasi panas engine-nya dengan sistem
pendingin udara.
Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, Honda Mega Pro 160 ini
termasuk irit. Dengan 1 liter, motor ini mampu menempuh jarak 51,4 km pada
kecepatan rata-rata 50 km/jam.
Namun motor yang memiliki berat kosong 114 kg ini masih
memiliki kekurangan seperti Honda GL Pro Neotech. Yakni tidak adanya electric
starter yang membuat pengguna Honda Mega Pro 160 ini harus “berolahraga” untuk
menyalakan motor ini dengan kick starter.
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama |
Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Tipe
|
Sport Touring
|
Tahun Produksi
|
1999-2001
|
Engine
|
4 Tak, OHC
|
Kapasitas Engine
|
156,7 cc (160 cc)
|
Bore x Stroke
|
63,5 x 49,5 mm
|
Rasio Kompresi
|
9,0 : 1
|
Maximum Power
|
13,3 Ps @ 8500 rpm
|
Maximum Torque
|
1,3 kgf.m @ 6500 rpm
|
Fuel System
|
Cylinder Ventury Carburator 24’’
|
Sistem Pendingin
|
Udara
|
Sistem Pengapian
|
CDI-DC, Battery
|
Battery
|
12 V – 4 Ah
|
Busi
|
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
|
Transmisi
|
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
|
Kopling
|
Manual, Wet & double clutch
|
Starter
|
Kick
|
Drive
|
Chain (Rantai)
|
|
|
Dimensi
|
|
Panjang
|
2033 mm
|
Lebar
|
754 mm
|
Tinggi
|
1062 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1281 mm
|
Jarak ke Tanah
|
149 mm
|
Kapasitas Oli Engine
|
0,9 liter
|
Kapasitas Tangki BBM
|
12,4 liter (rest : 2,3 liter)
|
Berat kosong
|
114 kg
|
Konsumsi BBM
|
51,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam
|
|
|
Rangka
|
Diamond Steel
|
Suspensi
|
|
Depan
|
Telescopic
|
Belakang
|
Swing arm with adjustable shock
|
Ban
|
|
Depan
|
2,75 - 18 - 42P
|
Belakang
|
3,00 - 18 - 47P
|
Rem
|
|
Depan
|
Cakram, Double Piston
|
Belakang
|
Tromol (Drum)
|
Mohon dong, jangan pake ban dengan satuan 3,00-18 nda umum di masyarakat satuan itu. Kenapa nda pake yg umum aja misalx 100/80
ReplyDelete