Latest News

Over Head Valve dari Honda - Honda CG Series

Honda CG 110, Honda CG, CG 110
Honda CG 110

Setelah meluncurkan Honda CB Series di tanah air, Honda melanjutkan inovasinya dengan meluncurkan Honda CG Series di tahun 1973 melalui PT. Federal Motor di Indonesia. Ini merupakan salah satu wujud keteguhan Honda dalam pemilihan mesin 4-tak untuk motor yang diproduksinya.

Honda CG pertama yang meluncur di pasar otomotif Indonesia adalah Honda CG 110 di tahun 1973 dan kemudian dilanjutkan dengan meluncurnya Honda CG 125 di tahun 1975. Honda CG hadir dalam keadaan built-up dengan kode K-1. Desain Honda CG sendiri hampir sama dengan Honda CB yang sudah mendahuluinya di kancah pasar otomotif tanah air.

Honda CG memiliki teknologi Over Head Valve (OHV) yang menjadi keunikan tersendiri dibandingkan dengan mesin 4-tak pabrikan lain. Teknologi ini juga terdapat pada mesin Harley Davidson di masa itu. Sedangkan pabrikan lain lebih banyak menggunakan teknologi Over Head Camshaft (OHC). Teknologi OHV ini meletakkan Camshaft di bawah area blok silinder, sedangkan untuk pengaturan buka tutup klep sendiri dilakukan oleh racker arm yang menggunakan mekanisme dari pushrod.
Overhead Valve Engine, OHV engine, OHV
Mekanisme Teknologi Overhead Valve












Honda CG 110 (1973-1982)


Honda CG 110, Honda CG, CG 110
Honda CG 110
Meluncurnya Honda CG 110 ini bersamaan dengan Honda Benly yang sama-sama built-up dari Jepang. Keunikan teknologi yang diusung Honda CG menjadikannya salah satu produk baru yang disukai di kalangan pecinta otomotif tanah air meskipun harus bersaing dengan pendahulunya, Honda CB Series.




Honda CG 125 (1975-1982)

Honda CG 125, Honda CG, CG 125
Honda CG 125


PT. Federal Motor akhirnya meluncurkan Honda CG 125 sebagai penerus perjalanan Honda CG 110. Tetapi meskipun dengan keunikan yang sama, Honda CG 125 ini masih kalah pamor dengan Honda CB 125.

0 Response to "Over Head Valve dari Honda - Honda CG Series"