Latest News

Honda GL Pro Series ’89 Nganjuk – Honda CB Jadi-jadian



Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Honda GL Pro Series '89 - Honda CB Jadi-jadian
Honda memang memiliki ciri khas tersendiri yang bisa membius pecinta otomotif di tanah air ini untuk memilih produk-produknya, apalagi motor produksi lama dari Honda. Inilah salah satu alasan Yusuf Abdullah pemuda asli Nganjuk ini memilih Honda GL Pro Series keluaran 1989 sebagai tunggangannya.

Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Pemilik motor - Yusuf Abdullah

Sebagai anak muda tentu sang pemilik motor GL Pro lawas ini tak mau bila motornya hanya berjalan dengan penampilan mainstream yang standar pabrik. Alhasil motor lawas ini diubah menjadi Honda CB yang marak di aliran modif di kota Nganjuk. Tetapi untuk merubah GL Pro menjadi Honda CB ini sang pemilik harus merelakan rangka GL Pro yang terlalu panjang dipotong agar dimensinya sesuai dengan Honda CB. Tangki orisinil diganti dengan tangki Honda CB Glatik, rangka belakang yang sudah sesuai dimensinya Honda CB dipasang jok Honda CB Glatik agar lebih manis. Untuk sektor kaki-kaki, velg yang digunakan adalah velg Rossi 185-215. Tromol depan menggunakan tromol Scorpio sedangkan tromol belakang tetap menggunakan orisinilnya. Untuk piringan cakram motor ini menggunakan piringan cakram custom.


Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Jadi CB
Honda CB Jadi-jadian

Tak hanya penampilannya saja yang diubah tetapi di sektor mesinpun tak luput dari oprekan sang pemilik motor. Kruk as orisinil yang memiliki panjang 49,5 mm digantikan oleh Kruk as Mega Pro “Primus” yang dinaikkan 6,5mm agar torsi yang dihasilkan lebih besar. Untuk mengimbangi langkah yang memanjang dipakai piston Honda Tiger OS 100 yang cukup menaikkan juga power dari motor lawas ini. Camshaft yang digunakan masih orisinilnya tetapi dibubut agar sesuai dengan karakter mesin yang baru karena kalau masih mempertahankan yang standarnya mesin masih belum kompak kalau ingin diajak menaikkan tenaga motor tua ini. Sedangkan untuk klep in-out nya digunakan milik Honda Tiger. Untuk rasio transmisi yang digunakan adalah Honda CB 100 K2 yang sudah terkenal dengan akselerasinya yang mumpuni. Gigi primer-sekunder mencomot Mega Pro “Primus”. Untuk knalpot digunakan knalpot free flow buatan Mekar Jaya Tech, Sidoarjo. Tenaga motor yang sudah naik pangkat ini akhirnya disalurkan ke roda belakang melalui gear depan 15 dan gear belakang 36.

" Kalau untuk sekedar ngelibas Honda Tiger orisinil ya sudah tewas si Tiger pakai motor ini." Ujar empunya motor lawas ini.

 
Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Honda CB Jadi-jadian
  
Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Honda CB Jadi-jadian

Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Honda CB Jadi-jadian
 
Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Honda CB Jadi-jadian

Honda GL Pro Series '89, GL Pro Series '89, GL Pro Series
Honda CB Jadi-jadian

0 Response to "Honda GL Pro Series ’89 Nganjuk – Honda CB Jadi-jadian"