Honda CG 125 |
Honda CG 125, merupakan
salah satu seri motor dari Honda yang
pertama kali muncul di tahun 1975 setelah kemunculan Honda CB Series yang
menuai kepopulerannya selama masa penjualan di tanah air. Honda CG Series tak
hanya mengeluarkan CG 125 tetapi juga mengeluarkan CG 110 yang 2 tahun lebih
dulu menginjak tanah air daripada Honda CG 125.
Motor
Tuo ini
bila dibandingkan dengan pendahulunya, Honda CB Series, memang kalah pamor,
tetapi kuda besi lawas ini memiliki keunikan tersendiri. Yakni di sektor
engine, engine yang digunakan bukanlah Over Head Camshaft atau OHC yang diusung
oleh Honda CB Series. Engine kuda besi ini menggunakan Over Head Valve atau OHV
yang lazimnya digunakan oleh motor Harley Davidson. Sistem OHV menggunakan
rocker arm yang bertugas untuk mengatur buka tutup klep melalui mekanisme dari
push rod sedangkan camshaft berada dibawah area blok silinder.
Dilihat dari sisi
desain, Honda CG 125 memang mirip dengan Honda CB tapi jika ditelisik lebih
seksama motor ini memiliki perbedaan. Bentuk silinder head salah satunya.
Di sektor dapur pacu Honda
CG 125 ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 8 kW pada 8500 rpm atau
bila di konversi ke horse power sebesar 10,7 hp. Sedangkan untuk torsi maksimum
sebesar 0,9 kgf-m pada 7500 rpm. Dengan berat kosong 94 kg ini kuda besi lawas dari sayap mengepak
ini mampu meraih top speed 110 km/jam meskipun hanya memiliki 4 gigi
percepatan.
Sistem pengapian masih
sama seperti pendahulunya yang menyematkan platina. Dapur pacu yang dimiliki
Honda CG 125 ini sebesar 124 cc dengan rasio kompresi 9,5 : 1 yang masih mampu
diredam panasnya engine dengan sistem pendingin udara.
Disisi lain meski motor
yang membawa teknologi OHC ini memiliki kekurangan, yakni bunyi “klitik-klitik”
yang berasal dari engine bila digeber di putaran tinggi.
Meskipun Motor Tuo ini memiliki
keunikan tersendiri dari sisi engine yang benar-benar beda dengan motor yang
dipasarkan oleh pabrikan lain di masa itu, Honda CG 125 ini akhirnya dihentikan
produksinya di tahun 1982 yang penjualannya masih dibawah sang pendahulunya,
Honda CB Series.
Honda CG 125 |
Spesifikasi Honda CG 125
Model
|
Honda CG 125 – K1
|
Tahun Produksi
|
1975 – 1982
|
Engine
|
OHV, 4 Tak
|
Kapasitas Engine
|
124 cc
|
Bore x Stroke
|
56,5 x 49,5 mm
|
Rasio Kompresi
|
9,5 : 1
|
Sistem Pendingin
|
Udara
|
Sistem Pengapian
|
Platina
|
Maximum Power
|
8 kW @ 8500 rpm
|
Maximum Torque
|
0,9 kgfm @ 7500 rpm
|
Transmisi
|
4-Speed ( 1-N-2-3-4)
|
Kopling
|
Manual
|
Starter
|
Kick
|
Kapasitas Tangki BBM
|
10 liter
|
Berat kosong
|
94 kg
|
Battery
|
6 Volt
|
|
|
Suspensi
|
|
Depan
|
Telescopic
|
Belakang
|
Swing arm, Double Shock Absorbe
|
|
|
Ban
|
|
Depan
|
2,50 - 18
|
Belakang
|
2,75 - 18
|
|
|
Rem
|
|
Depan
|
Tromol
|
Belakang
|
Tromol
|
Galeri Honda CG 125
Honda CG 125 Samping Kanan |
Honda CG 125 Samping Kiri |
Lampu Depan Honda CG 125 |
Engine OHV Honda CG 125 |
Tangki Honda CG 125 |
Bagian Belakang Honda CG 125 |
Speedometer dan Tachometer Honda CG 125 |
Honda CG 125 |
Honda CG 125 |
Harga sampai berapa gan?
ReplyDeleteThe Unique motorcycle. I like CG series..!!
ReplyDeleteStrong and comfortable to the riding.. l like it!!
ReplyDelete