Honda S90 merupakan salah satu
kuda besi dari Honda yang pernah menjajaki ranah otomotif tanah air pada tahun
1970. Motor yang terbilang antik ini memiliki tampilan klasik yang dapat
memikat penggemar otomotif terutama pemburu motor tua. Salah satunya adalah
Rizka Ulfa, perempuan yang juga menggemari motor lawas ini.
Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang |
Ulfa, panggilan akrabnya,
merupakan salah satu perempuan yang lebih nyentrik
dibandingkan perempuan lain. Tak hanya gemar otomotif, dia juga gemar untuk
memodifikasi motornya, Honda S90 produksi tahun 1973.
Kegemaran inilah yang memikatnya
untuk ikut Honda Modif Contest yang diselenggarakan di Palembang beberapa waktu
yang lalu.
“Saya ikut Honda Modif Contest ini karena memang suka
sekali dengan dunia modifikasi motor. Acara ini bagus karena memberi tempat
buat kita pecinta modifikasi dan kustom motor untuk menyalurkan bakat dan
dikenal. Keren, saya berharap diadakan lagi tahun depan,” ujar Rizka Ulfa.
Steampunk Cafe Racer, menjadi pilihan genre modifikasi
Motor Tuo-nya saat digelarnya Honda
Modif Contest tersebut. Modifikasi motor ini dilakukan di Hakim Custom yang
beralamat di Bukit Sejahtera Palembang.
"Sebenarnya kami memilih konsepnya itu 'bebas',
tidak mengikuti aturan. No rules untuk berekspresi. Selain itu saya juga ingin menunjukkan, untuk menciptakan Cafe Racer yang
cantik tidak perlu main krom dan asesoris mengkilau di seluruh bodinya, tapi
hanya ada beberapa bagian saja. Kami memang sengaja ingin memperlihatkan
seperti besi mentah alias besi tua. Padahal itu efek dari plat galvanis yang
berukuran 0,9-1,2 mm " ujar Hakim selaku modifikator kuda besi Ulfa.
Melalui bengkel ini, Hakim Custom,
motor tua Honda ini mengalami perubahan yang cukup drastis dalam 2 minggu.
"Biaya
untuk modifikasi ini mencapai Rp 10 juta. Dan motor itu aslinya sudah seperti
sampah, kondisinya hancur. Dengan waktu singkat kita membangun ulang di segala
sisi. Dan kami hanya mengambil sebagian engine dan frame saja." ujar Hakim.
Stempunk Cafe Racer Honda S90 |
Sektor engine
juga tak luput dari perubahan, engine di bore up menjadi 150 cc agar menjadi “Cafe
Racer” yang sebenarnya. Selain rangka stock custom, suspensi juga diganti.
Suspensi depan milik Honda Tiger dan belakang 655.
Lengan ayun
atau arm juga diubah agar selaras dengan perubahan yang sebelumnya. Sistem pengereman
juga diubah mengikuti penambahan kapasitas engine yang sudah naik. Knalpot dan
Headlamp juga diganti dengan custom.
"Kalau
konsep awalnya pertama memang dari Ulfa, dan kami coba mempertahankan
bagian-bagian yang paling penting. Karena kami ingin tetap mempertahankan gaya
tua namun modern," ucap pemilik Hakim Custom.
0 Response to "Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang"