Latest News

Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang



Honda S90 merupakan salah satu kuda besi dari Honda yang pernah menjajaki ranah otomotif tanah air pada tahun 1970. Motor yang terbilang antik ini memiliki tampilan klasik yang dapat memikat penggemar otomotif terutama pemburu motor tua. Salah satunya adalah Rizka Ulfa, perempuan yang juga menggemari motor lawas ini.

Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang, Cafe Racer Honda S90, Modifikasi S90
Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang
Ulfa, panggilan akrabnya, merupakan salah satu perempuan yang lebih nyentrik dibandingkan perempuan lain. Tak hanya gemar otomotif, dia juga gemar untuk memodifikasi motornya, Honda S90 produksi tahun 1973.

Kegemaran inilah yang memikatnya untuk ikut Honda Modif Contest yang diselenggarakan di Palembang beberapa waktu yang lalu.

“Saya ikut Honda Modif Contest ini karena memang suka sekali dengan dunia modifikasi motor. Acara ini bagus karena memberi tempat buat kita pecinta modifikasi dan kustom motor untuk menyalurkan bakat dan dikenal. Keren, saya berharap diadakan lagi tahun depan,” ujar Rizka Ulfa.

Steampunk Cafe Racer, menjadi pilihan genre modifikasi Motor Tuo-nya saat digelarnya Honda Modif Contest tersebut. Modifikasi motor ini dilakukan di Hakim Custom yang beralamat di Bukit Sejahtera Palembang.

"Sebenarnya kami memilih konsepnya itu 'bebas', tidak mengikuti aturan. No rules untuk berekspresi. Selain itu saya juga ingin menunjukkan, untuk menciptakan Cafe Racer yang cantik tidak perlu main krom dan asesoris mengkilau di seluruh bodinya, tapi hanya ada beberapa bagian saja. Kami memang sengaja ingin memperlihatkan seperti besi mentah alias besi tua. Padahal itu efek dari plat galvanis yang berukuran 0,9-1,2 mm " ujar Hakim selaku modifikator kuda besi Ulfa.

Melalui bengkel ini, Hakim Custom, motor tua Honda ini mengalami perubahan yang cukup drastis  dalam 2 minggu.

"Biaya untuk modifikasi ini mencapai Rp 10 juta. Dan motor itu aslinya sudah seperti sampah, kondisinya hancur. Dengan waktu singkat kita membangun ulang di segala sisi. Dan kami hanya mengambil sebagian engine dan frame saja."  ujar Hakim.

Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang, Cafe Racer Honda S90, Modifikasi S90
Stempunk Cafe Racer Honda S90
Sektor engine juga tak luput dari perubahan, engine di bore up menjadi 150 cc agar menjadi “Cafe Racer” yang sebenarnya. Selain rangka stock custom, suspensi juga diganti. Suspensi depan milik Honda Tiger dan belakang 655.

Lengan ayun atau arm juga diubah agar selaras dengan perubahan yang sebelumnya. Sistem pengereman juga diubah mengikuti penambahan kapasitas engine yang sudah naik. Knalpot dan Headlamp juga diganti dengan custom.

"Kalau konsep awalnya pertama memang dari Ulfa, dan kami coba mempertahankan bagian-bagian yang paling penting. Karena kami ingin tetap mempertahankan gaya tua namun modern," ucap pemilik Hakim Custom.

0 Response to "Cafe Racer Honda S90 ala Cewek Palembang"